HI-FI Stereo Encoder / Multiplexer

Posted on


Encoder stereo ini adalah solusi sempurna untuk anda yang mencari transmisi stereo dengan kualitas suara yang tinggi berbiaya rendah. Encoder stereo ini menghasilkan suara kristal stereo jernih dan pemisahan saluran audio yang sangat baik dan sesuai dengan banyak encoders stereo mahal yang tersedia di pasar. Itu semua berkat penggunaan kristal kuarsa 38KHz yang mengontrol nada pilot 19kHz, sehingga Anda tidak harus meng-kalibrasi atau kembali menyesuaikan sirkuit. NJM2035 menawarkan kualitas yang handal. diproduksi oleh NJR CORPORATION (JRC), anak perusahaan dari New Japan Radio, sebuah perusahaan yang dikenal sebagai produsen semikonduktor audio profesional terbaik dunia. Pemancar ini dapat digabungkan dengan pemancar FM mono. Seluruh sirkuit dengan mudah dapat dimuat pada PCB 1″ X 1,5″ yang memungkinkan untuk ditempatkan di box dengan ruang yang terbatas.

DIAGRAM BLOCK INTERNAL NJM 2035 

SKEMA MULTIPLEXER STEREO


  komponen yang diperlukan:
2x 47K
1x 10K
1x 82K
1x 50K POT
1x 33uF
1x 10uF
3x
 100nF (104)
1x 100pF (101)
1x 10pF (10)
1x NJM2035 IC
1x 38 KHz Crystal

Bagaimana Encoder Stereo Bekerja?

Encoder stereo terdiri dari tiga tahap utama, pre-emphasis, encoder digital dan tahap mixer.

tahap Pre-emphasis dicapai dengan menggunakan dua resistor 47K dan dua kapasitor 1NF. Hal ini membantu untuk menghilangkan kebisingan yang dihasilkan selama transmisi sinyal audio Anda.

Tahap kedua built in NJM2035 adalah encoder digital. Semua blok internal kecuali dua amplifier audio (pin 1 & 14) yang bertindak sebagai pemisah dibuat menggunakan sirkuit digital.

Rangkaian digital pertama adalah osilator 38KHz yang dihasilkan dengan menggunakan kristal eksternal 38KHz (pin 7), kapasitor 10pF (pin 6) dan 100pF kapasitor bypass (pin 5). Setelah frekuensi 38KHz dihasilkan itu kemudian di-buffer dan dibagi menjadi dua sinyal 19KHz dengan perbedaan fase 180 derajat.

Dua frekuensi (pin 1 dan 14 ) yang terhubung dengan dua pembagian waktu MPX digital di aktifkan bergantian, satu kali untuk tiap channel audio. Berikut saluran audio yang diaktifkan antara satu sama lain dengan total frekuensi 38KHz. Jika Anda dapat memperlambat frekuensi ini pada 1Hz per detik Anda akan memahami cara encoder bekerja. bahwa selama 1 detik pertama Anda akan mendengar channel audio kiri dan pada 1 detik kedua Anda akan mendengar channel audio yang kanan, begitu berulang-ulang. Karena saluran ini menggunakan frekuensi dengan kecepatan 38KHz per detik maka kita tidak dapat mengetahui bahwa sebenarnya channel audio diaktifkan secara bergantian. Pada saat yang sama, sinyal lain dari osilator 38KHz dibagi setengah ke 19KHz. Sinyal ini disebut nada PILOT karena akan membantu dekoder stereo di bagian penerima untuk membagi sinyal MULTIPLEX (campuran dari channel audio R dan L) dan memisahkan kembali menjadi channel audio kiri dan kanan. Tahap ketiga adalah mixer yang terdiri dari kapasitor 33uF, 100nF dan resistor 82K, 10K. Peranan sirkuit ini adalah untuk mencampur subcarrier multipleks dan sinyal pilot menjadi bersama-sama. Subcarrier multipleks sinyal yang keluar dari pin 9 dari IC NJM2035 adalah jumlah dan perbedaan channel audio kiri dan kanan yang diaktifkan pada tingkat 38kHz. Sinyal PILOT yang keluar dari pin 8 adalah frekuensi 19KHz yang digunakan untuk membedakan apa saluran saat ini sedang diaktifkan.

output dari multiplexer ini kita sambungkan pada input pemancar radio fm mono.  Sambil membangun encoder stereo Anda, silahkan meluangkan waktu memeriksa dengan skema untuk memastikan bahwa semua koneksi yang dilakukan dengan benar. Jika Anda memiliki pertanyaan, komentar atau saran kami akan senang untuk lebih membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s