Charger Baterai Dual Mode

Posted on


Ada dua mode yang bisa kita pilih dalam pengisian baterai -tegangan konstan dan arus konstan.
keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Untuk tegangan konstan, baterai tidak akan terjadi pengisian yang berlebihan tetapi pengisian berjalan lambat memakan waktu yang lama. sedangkan pada mode arus konstan dapat mengisi baterai lebih cepat tapi ada bahaya pengisian berlebihan yang bisa berakibat pada kerusakan baterai.

Berikut ini kami tampilkan rangkaian pengisi baterai modus ganda, dengan beberapa modifikasi untuk meniadakan kekurangan-kekurangan yang disebutkan diatas.

dual-mode-battery-charger-550x395

Rangkaian ini untuk baterai 6V. komponen utama rangkaian adalah regulator tegangan IC1, yang digunakan untuk pengendalian mode arus konstan, dan switching shunt regulator IC2, yang digunakan untuk modus tegangan konstan.
Dalam mode arus konstan, resistor R4 mengalir arus di 370mA, menurut persamaan:

R4 = (1.25/I) x 1000

I = Arus konstan yang dibutuhkan, dalam miliampere

Diode D3 mencegah baterai mengosongkan arus kembali ke IC1 ketika input terputus . Resistor R3 menghantarkan arus bias transistor TR1 ketika input terhubung .
regulator IC2 , resistor R6 , R7 dan potensiometer VR1 membentuk jaringan yang menentukan apakah baterai telah mencapai tegangan yang diperlukan nya . Ketika tegangan pada masukan referensi IC2 yang mencapai 2.5V , switch IC2 pada transistor internal , menghubungkan kaki ADJ IC1 ke 0V .
Dalam kondisi ini , IC2 menahan IC1 dalam modus arus konstan. Capacitor C3 membantu untuk menstabilkan switching IC2 .

Kapasitor C1 dan C2 menstabilkan tegangan suplai DC. LED D1 adalah indikator power-on, dan LED D2 hidup saat modus tegangan konstan diaktifkan .
Sebuah heatsink mungkin diperlukan dengan IC1 .
Dalam penggunaannya , sesuaikan preset VR1 sehingga tegangan pada output sesuai dengan tegangan puncak dibutuhkan oleh baterai.Setelah disesuaikan dengan benar , seharusnya tidak perlu penyesuaian lebih lanjut .

rangkaian ini dapat menggunakan adaptor 12V 600mA DC untuk menyalakannya . Baterai yang digunakan memiliki rentang tegangan puncak 6.9V ke 7.12V .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s